ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA, PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN HARGA LISTRIK TERHADAP KONSUMSI ENERGI SEKTOR RUMAH TANGGA DI INDONESIA TAHUN 1990-2018

Adistiariani Ramadayanti, Hadi Sasana, Gentur Jalunggono

Abstract


Abstrak:

Konsumsi energi rumah tangga merupakan bagian yang penting dalam menjalankan perekonomian suatu negara terutama untuk menunjukkan besarnya energi akhir yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan energi sektor rumah tangga yang merupakan bagian dari proses pembangunan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data time series yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, dan World Bank. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis time series dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Penduduk tidak berpengaruh signifikan terhadap Konsumsi Energi Sektor Rumah Tangga, Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga dan Harga Listrik berpengaruh signifikan terhadap Konsumsi Energi Sektor Rumah Tangga di Indonesia tahun 1990-2018.


Keywords


Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga, Pertumbuhan Penduduk, Harga Listrik, dan Konsumsi Energi Rumah Tangga.

Full Text:

PDF

References


Afrina, Yona. 2015. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Penduduk Terhadap Konsumsi Energi di Indonesia. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau. 2(2), 1-14.

Aydin, E., & D. Brounen. 2019. The Impact of Policy on Residential Energy Consumption. Journal of Energy, 169, 115–129.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Tidar 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang