Analisis Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia tahun 2005-2018

Khusni Aristina, Whinarko Juliprijanto, Panji Kusuma Prasetyanto

Abstract


Abstrak

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam kurun waktu 2005-2018 beberapa kali mengalami penurunan.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak kebijakan moneter dan kebijakan fiskal terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia dengan periode penelitian 2005:1-2018:12. Data dalam penelitian ini dikategorikan dalam dua blok, yaitu blok kebijakan moneter yang terdiri atas suku bunga Bank Indonesia (Rate) dan jumlah uang beredar (M2). Sedangkan dalam blok kebijakan fiskal terdiri atas penerimaan pajak (T) dan pengeluaran pemerintah (G). Vector Error Correction Model (VECM) digunakan sebagai metode analisis dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua blok kebijakan dan pertumbuhan ekonomi memiliki keseimbangan jangka panjang (kointegrasi). Dalam jangka panjang, suku bunga Bank Indonesia (Rate) dan penerimaan pajak (T) memiliki hubungan yang negatif terhadap pertumbuhan ekonomi (Y), sedangkan jumlah uang beredar (M2) dan pengeluaran pemerintah (G) memiliki hubungan positif terhadap pertumbuhan ekonomi (Y). Sedangkan dalam analisis kausalitas diketahui bahwa tidak terdapat hubungan kausalitas (dua arah) diantara variabel, terjadi hubungan satu arah antara jumlah uang beredar (M2) terhadap pertumbuhan ekonomi (Y), dan pengeluaran pemerintah (G) terhadap pertumbuhan ekonomi (Y).


Keywords


Pertumbuhan Ekonomi, Kebijakan Moneter, Kebijakan Fiskal, VECM

Full Text:

PDF

References


Harsasto, P., Widayati, W., Astuti, P., Martini, R., & H, N. R. (2017). Ekonomi Pemerintahan. Tangerang: Universitas Terbuka.

Herlina, D. (2018). Identifikasi Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Saluran Uang dan Saluran Suku Bunga di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol: 8 No: 2, ISSN: 2089-4473, e-ISSN: 2541- 1314, 139-157.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang