ANALISIS PENGARUH TRADE DAN FDI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA ASEAN-10 PASCA MEA TAHUN 2015-2018

Siti Nur Hidayah, Sudati Nur Safiah, Rian Destiningsih

Abstract


Abstrak:

Keterbukaan ekonomi memberikan dampak baik untuk pertumbuhan ekonomi di setiap negara. Sehingga di era globalisasi ini banyak negara yang mau tidak mau membuka perekonomian secara luas. Hal ini tidak terlepas dari hubungan sosial antar negar yang saling bergantung sama lain di kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perdagangan internasional dan FDI sebagai wujud dari keterbukaan perekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi di Negara Asean-10 pasca integrasi ekonomi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tahun 2015-2018. Penelitian ini memakai alat analisis regresi panel data dengan metode fixed effect. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Data yang digunakan berupa data sekunder yang didapat dari website World Bank. Penelitian ini menggunakan panel data yang merupakan gabungan antara cross section dan time series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perdagangan internasional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel FDI mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Negara Asean-10 pasca integrasi ekonomi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tahun 2015-2018.

Keywords


Perdgangan Internasional, FDI, Pertumbuhan Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Adhikary, B. K. (2011). FDI , Trade Openness , Capital Formation , and Economic Growth in Bangladesh : A Linkage Analysis. Internasional Journal of Business and Management, Vol.6 No. 1, hal. 16–28.

Adisasmita, Raharjo. (2013). Teori-Teori Pembangunan Ekonomi (Pertumbuhan Ekonomi dan Perubahan Wilayah). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Tidar 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang