HUBUNGAN TINGKAT PENGUASAAN NAMA ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN MENENTUKAN GENUS TUMBUHAN OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN IPA UNTIDAR

Tutik Arifah, Muhammad Nabil, Eko Juliyanto

Abstract


Penggunaan nama ilmiah tumbuhan maupun hewan dalam kehidupan sehari-hari,baik di lingkungan masyarakat maupun dunia pendidikan sangat jarang sehingga sangat sedikit penguasaan mahasiswa terhadap nama ilmiah tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat penguasaan nama ilmiah tumbuhan yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Tidar Magelang tahun akademik 2017/2018 terhadap kemampuan menentukan genusnya. Penelitian ini menggunakan tes dan diperdalam dengan wawancara. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis statistik korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa presentase rata-rata kemampuan mahasiswa dalam penguasaan nama ilmiah yaitu  18,78% , sedangkan  rata-rata kemampuan mahasiswa dalam  menentukan genusnya sebesar 86,36%. Dari data tersebut diperoleh korelasi sebesar 0,2343537 yang menunjukkan angka korelasi rendah antara tingkat penguasaan nama ilmiah tumbuhan dengan kemampuan menentukan genusnya. Simpulan mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara penguasaan  nama ilmiah dengan kemampuan menentukan genusnya. Mahasiswa dapat mengelompokkan tumbuhan ke dalam genus yang sama dengan melihat kata pertama pada nama ilmiah tumbuhan.


Keywords


Korelasi, Penguasaan nama ilmiah tumbuhan, Kemampuan menentukan genus

Full Text:

PDF

References


Muhlisin, Ahmad. (2017). Analisis Motivasi Mahasiswa dalam Menempuh Program Sarjana Pendidikan IPA Universitas Tidar. Indonesian Journal of Science and Education (IJOSE), 1(1), Oktober, pp. 57-60.

Juliyanto,Eko dkk . (2013). Perkembangan Pola Pemecahan Masalah Anak Usia Sekolah dalam Memecahkan Permasalahan Ilmu Pengetahuan Alam . Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9 , Juli, pp. 151-162.

Amri, & Jafar, Jusmiati. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menghafal Nama-nama Latin di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek, 4(2), Desember, pp. 262-277.

Silalahi, Marina. (2016). Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Keanekaragaman Tumbuhan di Lingkungan Kampus (Studi Kasus Prodi Pendidikan Biologi UKI). Al- Kauniyah Jurnal Biologi, 9(1), Maret, pp. 19-25.

Syamsiah. (2006). Buku Ajar Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Suharso dan Retnoningsih, Ana. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Tjitrosoepomo, G. (1998). Klasifikasi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sarwono, Sarlito W. (2005). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

p-ISSN: 2621-8747, e-ISSN : 2621-8755